Selasa, 07 Mei 2013

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

Melaksanakan aplikasi pengolahan data perusahaan dengan volume pengolahan data yang tinggi.
Kegiatan Pengolahan Data :
  1. Pengumpulan Data.
  2. Manipulasi Data.
  3. Penyimpanan Data.
  4. Penyiapan Dokumen.
Keterangan :
1. Pengumpulan Data ;
Saat perusahaan menyediakan produk dan jasa ke lingkungan,setiap tindakan dijelaskan oleh suatu catatan data.
Sistem pengolahan data mengumpulkan data yang menjelaskan setiap transaksi internal perusahaan dan transaksi lingkungan perusahaan.
2. Manipulasi Data ;
Operasi Manipulasi data meliputi :
  • Pengklasifikasian, elemen-elemen data tertentu dalam catatan digunakan sebagai kode.
  • Penyortiran, catatan-catatan disusun sesuai urutan tertentu berdasarkan kode atau elemen data.
  • Perhitungan, operasi matematika dan logika dilaksanakan pada elemen-elemen data untuk menghasilkan elemen data tambahan.
  • Pengikhtisaran, banyak data yang perlu disarikan menjadi bentuk total, subtotal, dan rata-rata.
3. Penyimpanan Data ;
Setiap transaksi dijelaskan oleh beberapa elemen data. Seluruh data disimpan dalam suatu database.
4. Penyiapan Dokumen ;
SIA menghasilkan output yang dipicu dalam 2 cara :
  • Oleh suatu tindakan, output yang dihasilkan jika sesuatu terjadi.
  • Oleh jadwal waktu, output yang dihasilkan pada suatu saat tertentu.

“Output tersebut dalam bentuk dokumen kertas”

KARAKTERISTIK SIA

  1. Melaksanakan tugas yang diperlukan.
  2. Berpegang pada prosedur yang relatif standar.
  3. Menangani data yang rinci.
  4. Berfokus historis.
  5. Menyediakan informasi pemecahan yang minimal.

CONTOH SIA :
Sistem yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan distribusi, perusahaan yang mendistribusikan produk dan jasanya kepada pelanggan”

Sistem ini disebut “ SISTEM DISTRIBUSI”



KETERANGAN GAMBAR 3 :
Sistem Pemasukan Pesanan :
      1. Edit Data Pesanan
Perusahaan menggunakan formulir pesanan penjualan untuk mencatat data yang diperlukan untuk memproses pesanan pelanggan.
Nota penolakan pesanan penjualan, akan dikirimkan kepada pemesan apabila kode barang dan nama barang tidak sesuai atau tidak tersedia.
1.1.2 Menghitung Pemeriksaan Kredit
Satu pendekatan untuk melaksanakan pemeriksaan kredit adalah dengan mempertimbangkan dampak jumlah pesanan terhadap jumlah piutang pada pelanggan tersebut.
Piutang dagang : jumlah uang yang merupakan hak perusahaan yang berasal dari penjualan sebelumnya.
1.1.3 Log Pesanan
Digunakan untuk menindak lanjuti pesanan dan memastikan bahwa pesanan telah terpenuhi.
Log Pesanan berisi : nomor pelanggan, nomor pesanan, tanggal pesanan pelanggan dan tanggal pesanan diterima.
1.1.4 Menandai Pesanan yang telah dipenuhi
Dengan mencatat tanggal pemenuhan dalam log pesanan, nilai infromasi dari file tersebut meningkat.
Informasi ini berharga bagi para manajer.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar