1.
CARA PINTAR MENGELOLA WAKTU.
A.
Pengertian
Manajemen waktu merupakan perencanaan, pengorganisasian,
penggerakan, dan pengawasan produktivitas waktu.Mengelola waktu belajar bukan
berarti kehilangan waktu luang untuk bersenang-senang. Bukan pula berarti
bahwa waktu dalam 24 jam per hari harus dihabiskan untuk belajar. Justru
sebaliknya, prinsip utama dari pengelolaan waktu secara efektif adalah
pembagian waktu yang efektif untuk kegiatan-kegiatan yang meliputi : waktu untuk
belajar, waktu untuk bekerja dan kegiatan sosial maupun waktu bagi diri sendiri
untuk bersantai. Betapa seringnya kita mendengar yang mengatakan Waktu
Adalah Uang.Tapi sebenarnya berapa banyak diantara kita yang benar-benar
dapat memanfaatkan waktu yang kita miliki dengan sebaik-baiknya?Sebenarnya,
jika Anda ingin mengatur kehidupan Anda dan membuatnya menyenangkan, sebagai
permulaan yang Anda butuhkan adalah mengatur waktu Anda.
Kita
utama untuk mengelola waktu belajar adalah kombinasi dari fleksibilitas dan
disiplin.Sering kali jadwal belajar telah disusun, namun kemudian ada
kegiatan mendadak yang harus Anda ikuti (misalnya: ada keluarga yang
membutuhkan pertolongan Anda).
B.
Prinsip-Prinsip Manajemen Waktu
1.
Tujuan adalah kunci utama, gambarkan
hasil akhir dengan jelas
Mengatur
waktu tanpa memilik rencana dan tujuan justru adalah penghamburan waktu.Begin
with the end of things, mulai segalanya dari akhir. Maksudnya? Pikirkan apa
hasil akhir yang akan Anda raih dan alami. Banyak orang memanfaatkan waktunya
dengan baik setelah melihat hasil akhir dirinya dengan sangat jelas : kematian!
2.
Be flexible, please..believe me!
Jadilah fleksibel.Hidup ini bukanlah
seperti matematika, di mana 1 + 1 = 2. Namun terkadang mengharuskan kita
menyiapkan plan A, plan B, bahkan sampai Z !Tak usah terpaku pada
to-do list yang Anda buat hari ini. Bersikaplah fleksibel dan buat diri
Anda dihormati dengan memberikan waktu untuk menghormati orang lain.
3.
Selamatkan waktu dengan prioritas
Apabila Anda memiliki to-do list 10
kegiatan yang ingin dilaksanakan, jangan memaksakan semua sehingga kehidupan
Anda menjadi kau.Ambil
3 kegiatan terpenting, di mana selanjutnya adalah optional. Atau 20% kegiatan
terpenting dari target Anda hari ini, maka dijamin Anda sudah menyelesaikan 80%
dari semuanya, setidaknya untuk mendekati cita-cita Anda. Apa jadinya bila
tugas A ditinggalkan, sementara Anda fokus ke tugas C? Di dunia pengembangan
diri, dikenal dengan prinsip pareto, hidup menjadi lebih efektif,
efisien, dan seimbang.
4.
Use single handling; fokus dalam satu
waktu
Ketika memutuskan untuk mengerjakan
suatu hal penting, maka hindari semua gangguan. Fokus! Matikan handphone,
telepon, atau apapun itu yang mengganggu konsentrasi Anda. Dan jangan
mengerjakan pekerjaan lain sebelum tuntas (kecuali kalau memang jangka
panjang). Maka Anda akan tercengang ketika mengetahui Anda bisa mengerjakan hal
kecil hanya selama 20 menit, dari waktu yang biasa Anda habiskan sekitar 1 jam
untuk mengerjakan tugas serupa.
5.
Refreshing; penghematan jangka panjang
Jangan memaksa diri Anda untuk
terus-menerus mengerjakan tugas.Jangan menganut prinsip bahwa manusia seperti
balon tiup yang suatu saat bisa ‘pecah’ saat stress.Namun semua yang tidak
seimbang pasti tidak baik. Kalau Anda berpendapat refreshing itu
membuang waktu, maka ketika Anda stress berat dan merasa jenuh, maka
waktu yang Anda buang menjadi lebih banyak lagi.
6.
Prinsip multitasking
Gambaran mudahnya adalah isilah waktu
Anda ketika menunggu, menyetir, dalam perjalanan, atau bahkan ketika memenuhi ‘call
of nature’, dengan membaca buku, mendengar kaset ceramah, khotbah,
motivasi, atau tips pengembangan diri. Maka waktu Anda akan lebih berarti
dibandingkan hanya menunggu tanpa melakukan apapun.
7.
Maintenance Balance – seimbangkan
semuanya!
Ini adalah salah satu prinsip
terpenting.Kenapa?Seperti yang sebutkan di atas, bahwa semua yang berjalan
tidak seimbang tidak baik.Apa jadinya bila di dunia ini hanya ada siang? Kalau
Anda hanya mementingkan karir dengan mengabaikan keluarga, itu tidak ada
artinya. Semuanya akan berarti bila Anda unggul di segala aspek, ayah yang
baik, berjiwa sosial yang tinggi, attitude yang dicintai, berilmu, karir
gemilang, fisik sehat, aqidah (kepercayaan) kokoh, dan lain sebagainya.
8.
Dare to be assertive; berani untuk
bilang ‘tidak’
Ini adalah selera Anda untuk mengatur
kapan harus bilang ya, dan kapan harus bilang tidak. Intinya adalah dengan
mengatakan tidak pada hal yang tidak urgent dan tidak penting, Anda bisa
mengalokasikan waktu untuk kegiatan lain agar lebih seimbang dan tidak membuang
waktu Anda.
9.
Do It now !!don’t procrastinate your
activity !
Inilah prinsip terakhir yang juga
paling penting. Aspek action dari segala planning yang akan
mewujudkan cita-cita Anda. Lakukan semua yang telah Anda rencanakan, selesaikan
tugas yang terdata di to-do list Anda.Manfaatkan waktu luang, dan
hindari menunda-nunda pekerjaan, sebelum pekerjaan Anda menumpuk dan membuat
Anda bingung sendiri.
C.
Langkah-Langkah Manajemen Waktu
Membuat komitmen untuk mengontrol
waktumu merupakan langkah pertama bagi manajemen waktu yang sukses.Langkah
selanjutnya adalah merencanakan dan memrioritaskan waktu dengan menuliskan
tujuan hidup. Manajemen waktu secara tertulis tidak hanya membuat rencana lebih
efektif, namun juga akan memperdalam komitmen terhadap tujuan. Secara ideal,
seharusnya hanya mempunyai satu sistem perencanaan waktu yang mengikat
elemen-elemen berikut ini secara bersama :
1)
Gunakan pensil
Jika
kita ingin menjadwal hidup kita, lupakan bolpoint atau sesuatu yang
bertinta. Kita akan membuat perubahan-perubahan dalam perencanaan karena itu
sebuah pensil dapat lebih menolong membuat perubahan tersebut tanpa bersusah
paya mencari tipe
penggunaan pensil akan menolong untuk tetap fleksibel saat kita merencanakan
waktu. Hidup bisa jadi tak terprediksi dan mengubah-ubah.
2)
Gunakan kalender
Sebuah kalender memberimu pAndangan ke
depan yang luas dari seluruh komitmenmu belajar, dakwah, keluarga, pribadi,
komunitas dan sosial. Masukan janji baru, kejadian, pertemuan, deadline suatu
pekerjaan, juga tanggal ketika kamu merencanakan untuk memulai sesuatu dengan
baik.Untuk menghindari terlalu banyak penjadwalan, pastikan kalendermu siap
diakses setiap waktu, ketika di sekolah atau di kampus, rumah, dan ketika dalam
perjalanan.
3)
Rencanakan akativitas mingguan anda
Luangkan
waktu seminggu sekali untuk menjadwalkan janji, komitmen belajar, tugas, waktu
pribadi, waktu keluarga, dan lain-lainnya dalam perencanaan satu minggu ke
depan. Bermurah hatilah dalam estimasi waktu untuk penyelesaian tugas dan
rancanglah deadline yang layak.Berpikir realistislah mengenai waktu.
4. Buatlah daftar kerja harian anda
Sebuah
daftar kerja bisa jadi sangat bernilai untuk menolong kita mengendalikan waktu,
tentu di samping sebuah kalender. Sebuah daftar kerja memberi pAndangan sekilas
terhadap apa saja yang kita butuhkan. Orang lain merasa bahwa daftar kerja
merupakan pembuangan waktu yang tidak efisien. Tapi, jika digunakan secara
benar, daftar kerja ini mampu :
a.
Meminimalisasi kebingungan karena
adanya pengkategorian prioritas kegiatan serta jelasnya tujuan akhir.
b.
Menjaga acara-acara kurang penting yang
senantiasa harus diwaspadai.
c.
Meningkatkan kemampuan Anda dalam
mengingat karena ketika kamu harus menuliskan segala seuatu, pikiran Anda pun
akan aktif bekerja.
d.
Menolong Anda memprioritaskan
aktivitas. Seorang pemikir pernah menyatakan ada
10
hal yang bisa membuat kita kehilangan waktu, yaitu:
1.
Telepon
2.
Konflik
3.
Penangguhan
4.
Tak menemukan apa yang dicari
5.
Ingin segalanya sempurna
6.
Pertemuan
7.
Urutan kegiatan yang terbalik
8.
Gangguan
9.
Interupsi
10. Kertas
kerja yang kecil-kecil
Terlihat seperti hal yang sederhana dari 10 hal di atas dan
sering beberapa hal yang tidak sengaja atau disadari kita telah melakukannya
setiap hari.Ketika kita konsentrasi bekerja
tiba-tiba ada kawan-kawan kita
yang telepon dan karena terlalu asik berbincang hingga kita lupa waktu, atau
tanpa sengaja kita selalu menulis catatan yang penting di kertas yang kecil
atau di lembar-lembar yang berbeda sehingga ketika kita memerlukannya
membutuhkan waktu untuk mencarinya.
‘’Yoman wenda lood gire kogoya (ywlgk)’’
Alamat: Www.Ywlgk.Blogspot.Com
a.
Manajemen Waktu.
Kalau kita bicara waktu beberapa hal
spekulatif yang terpikirkan maupun kita hadapi sehari-hari, seperti
jam berapa?
1 hari=24 jam
1 tahun=365 hari
kapan ya?
semua pasti ada waktunya
apa sempat nggak ya?
masih ada waktu nggak ya?
tepat waktu
ikut alur aja
habis waktu,dan sebagainya.
Beberapa pernyataan di atas menunjukan
bahwa hal-hal yang berhubungan dengan waktu sulit dipastikan kondisinya dan
tentu Kita juga pasti akan hitung-hitungan. Oleh karena itu waktu butuh
perencanaan yang tepat. Waktu tidak pernah akan menunggu kita. Waktu tidak akan
berjalan mundur.
Pastinya kita pernah berfikir sesuai
dengan pernyataan-pernyataan di atas.Ketahuilah bahwa dengan manajemen waktu
yang baik kita bisa dan mampu menyesuaikan dan menjawab semua pernyataan di
atas.
Sudahkah kita mengatur waktu kita
dengan baik dan bijaksana. Saya dan Anda semua masih dalam proses untuk
mencapai ini. Tapi tidak salah Kita semua saling mengingatkan...hehehe...
Suatu hari teman saya marah besar
karena saya tidak tepat waktu dalam menjalankan tugas keliling.Dia mengatakan
"Hargai waktu dong".Loh kok waktu berharga?
"Time is Money" waktu adalah uang.Maka, kelolalah waktu seperti halnya uang. Waktu dan manajemen waktu seperti halnya asset yang dapat diinvestasikan untuk mencapai tujuan dalam waktu kini dan masa yang akan datang.
Kebanyakan masalah yang terjadi bahwa
Kita banyak membuang waktu sekitar 2 JAM per hari karena:
ü meja
berantakan
ü sulit
menemukan sesuatu
ü janji-janji
terlupakan
ü
lelah/tidak bisa berkonsentrasi.
"Untuk menjadi
sukses tidak membuatmu mengelola waktu dengan baik
mengelola waktu yang
baik membuatmu sukses"
Ada waktu baik dan
jelek bagi setiap orang
find your creative
time
Manajemen waktu yang baik tidak memandang jenis pekerjaan dan kesibukkan.Untuk bisa mendapatkan hasil/pencapaian yang maksimal dalam pekerjaan, kita dituntut untuk mempunyai sikap dan perilaku disiplin dalam menjalankan setiap tugas/pekerjaan yang sudah diatur.Dengan manajemen waktu yang baik secara tidak langsung kita menggali potensi Kita dengan alokasi waktu yang efektif dan efisien mungkin.
Mencatat ide yang muncul menjadi bagian dari serangkaian penghargaan waktu kita.Kita sering lupa ide-ide cemerlang yang muncul sejenak dan berlalu waktunya.Sangat disayangkan bila semuanya itu berlalu begitu saja.
b. Prinsip
Manajemen Waktu.
Dalam
mengelola waktu untuk mencapai hasil yang baik, selalu berdasarkan:
1.
Perencanaan.
Perencanaan
merupakan prinsip awal dalam mengelola waktu Kita. Tanpaperencanaan yang matang
terhadap jenis pekerjaan apa dan hasil yang diharapkan dengan alokasi waktu yang
Kita tentukan, maka waktu Kita akan terus habis, sia-sia dan berlalu begitu
saja. Tidak ada manfaat yang dirasakan.
2. Aktif
Pekerjaan
yang akan kita lakukan sudah terencana sebelumnya. Artinya tidak membiarkan
waktu mengalir begitu saja sehingga begitu terjadi masalah kita akhirnya
mengerjakannya terburu-buru, asal selesai dan menguras banyak energi.Seseorang
yang menghargai waktu proaktif dalam merencanakan waktunya sebelum dia lakukan
saat ini.
3. Prioritas
dan Sasaran.
Ada
banyak hal yang dapat menyita waktu Anda.Buatlah prioritas waktu dari yang
urgen sampai waktu yang tidak terlalu urgen dan sasaran yang jelas dan
realistis.Sebisanya kita mengerjakan hal yang mesti/harus kita kerjakan
bukannya mengerjakan yang bisa Kita kerjakan.
4. Fokus..Fokus...Fokus
Memfokuskan
diri dalam mengelola waktu memberikan diri untuk selalu konsentrasi pada target
atau sasaran. Memfokuskan diri menata kembali cara dalam mencapai tujuan yang
gemilang. Memfokuskan diri juga dapat dilakukan dengan mendelegasikan
beberapa waktu dan tugas kepada yang dapat melaksanakannya.
5. Tidak
Menunda-nunda waktu.
Setelah
kita menentukan prioritas dan target waktu yang diharapkan dan Anda berfokus di
dalamnya, maka langkah selanjutnya adalah lakukan itu sekarang (DO IT NOW).
Tidak menunda-nunda waktu.
Dalam prosesnya
mungkin sangat sulit bagi Kita dalam mempraktikkan manajemen waktu. Oleh sebab
itu lakukan langkah demi langkah dan perlahan-lahan anda akan merasakan
manfaatnya. Di mana setiap kita mempunyai time freedom, tidak tergantung
dan terpengaruh oleh kesesakan, kesibukkan, hiruk-pikuk waktu-waktu yang tidak
bermanfaat bagi Kita.
6. Singkatnya:
Ambil
pulpen Anda, tulis semua pekerjaan dan waktu yang mesti kita lakukan. Kemudian
urutkan berdasarkan prioritas, gunakan sistem 1 menit untuk hal-hal
mendesak,interupsi, telefon, dll. Kemudian fokus pada waktu utama tentukan
target atau capaian yang bermakna saat dan/atau hari itu. Selanjutnya alur
waktu akan berjalan terus hari demi harinya dan akhirnya menjadi kegiatan
rutinitas yang sudah menjadi bagian dari hidup Kita. Jangan lupa doakan rencana
ini kepada Tuhan agar Dia berkenan bagi semua.
7.
Seimbang.
Meskipun begitu sibuk dan padatnya waktu Anda, tetapi agar lebih seimbang lagi luangkan waktu bersama keluarga karena atanpa mereka hasil pekerjaan kita tidak ada apa-apanya. Juga yang tidak kalah pentingnya meluangkan waktu untuk Sang Pencipta, mendekatkan diri kepada-Nya karena Dia empunya waktu.
Meski hidup dalam waktu yang padat rencanakan dan ambil waktu untuk kegiatan-kegiatan yang meningkatkan pola hidup sehat Kita seperti istirahat, berolahraga, tidak merokok dan makan makanan yang sehat dan seimbang.
Meskipun begitu sibuk dan padatnya waktu Anda, tetapi agar lebih seimbang lagi luangkan waktu bersama keluarga karena atanpa mereka hasil pekerjaan kita tidak ada apa-apanya. Juga yang tidak kalah pentingnya meluangkan waktu untuk Sang Pencipta, mendekatkan diri kepada-Nya karena Dia empunya waktu.
Meski hidup dalam waktu yang padat rencanakan dan ambil waktu untuk kegiatan-kegiatan yang meningkatkan pola hidup sehat Kita seperti istirahat, berolahraga, tidak merokok dan makan makanan yang sehat dan seimbang.
Mari kita memanage
waktu kita seefektif dan seefisien mungkin, jangan membuang-buang waktu yang
tidak perlu, fokuskan diri pada rencana, prioritas, dan target yang realistis
baik dalam jangka waktu kini maupun yang akan datang sehingga kita menjadi
orang yang menghargai waktu dan kesempatan yang diberikan oleh Tuhan dan akhirnya
kita menjadi orang yang sukses dikemudian esok hari.
By. Lepinus Kogoya
Alamat:Www.Ywlgk.Blogspot.Com
0 komentar:
Posting Komentar